WELCOME TO MY BLOG Chek It Out

Minggu, 27 Maret 2011

Kenapa Beralih ke Twitter Dari Facebook?



Terlepas dari banyaknya alasan mengapa banyak orang mulai tidak menyukai facebook, saya akan mencoba mengupas alasan kenapa saya dan beberapa rekan yang lain saya amati lebih menikmati twitter dibandingkan facebook.
Ingat, bagaimanapun facebook dan twitter tidak bisa dibandingkan head to head karena memang seharusnya, kedua aplikasi ini memiliki manfaat dan keunggulannya masing-masing. Jadi saya hanya akan menuliskan kenapa anda seharusnya juga menggunakan twitter.
Pertama, kita semua tahu bahwa konsep dasar dari twitter dan facebook memang sangat berbeda. Sementara facebook membutuhkan konfirmasi 2 arah (kedua pihak) untuk terhubung (menjadi teman), di twitter anda hanya bisa memfollow seseorang dan orang itu tidak harus melakukan apa apa untuk anda. Memang benar fitur ini sebenarnya ada di fans page facebook, cuma seperti yang sering anda dengar, barang yang sama jika ditawarkan dengan cara atau konteks yang berbeda juga akan memiliki hasil yang berbeda.
Nah, di twitter anda bisa dengan mudah mendapatkan informasi dari sumber sumber yang memang anda anggap kompeten TANPA harus mendapatkan approval atau konfirmasi dari sumber sumber tersebut. Misalnya, anda yang merupakan pebisnis online pasti tidak asing dengan nama Jason Fried, founder 37signals.com. Bayangkan sulitnya menjadi friend dia di facebook, namun tidak dengan twitter. Di twitter anda bisa mengetahui apa yang sedang dipikirkan dan menjadi keseharian Jason. Oiya, twitternya ada di @jasonfried
Itu hanya satu hal saja mengenai twitter. Alasan lainnya tentang kenapa beralih ke twitter akan saya tulis dalam bentuk list supaya lebih mudah di baca.
  1. Kebanyakan pengguna memanfaatkan facebook ‘hanya’ untuk update status dan comment satu sama lainnya. Di twitter, hal ini terasa jauh lebih asyik dan menyenangkan untuk update status dan saling berkomentar (semi chat).
  2. Selain itu pengguna memanfaatkan facebook untuk chatting. Di twitter, selain kemudahannya karena mobile, chatting juga bisa dilakukan dengan seru, semi chat sebenarnya, dan yang paling penting, nggak butuh koneksi kenceng dan santai bales balesannya.
  3. Blogger dan orang berpengaruh di dunia/bidang anda kemungkinan besar sudah memiliki twitter, contohnya: @hamjik @ndorokakung @nukman @tikabanget @ramyaprajna @leonisecret @pamantyo @podelz @rampok @aulia @iimfahima @amirk @anakcerdas @navinot @adarwis @kukuhtw dan lain lain… gak bisa disebutin satu satu (juga ga di link satu satu karena kebanyakan haha). Dan biasanya mereka akan berbagi informasi disini. Di facebook? Anda akan kesulitan untuk menjadi teman mereka.
  4. Twitter adalah cara yang sangat tepat untuk personal branding diri Anda. Selain juga bisa dimanfaatkan untuk masuk ke komunitas tertentu. Di facebook, Anda akan sulit berkomunikasi secara santai dengan orang-orang berpengaruh. Di twitter, anda bisa mengatakan sesuatu pada orang orang berpengaruh/authority di bidang anda. Mereka tahu, hanya saja pilihan mereka untuk merespon atau tidak.
Itu adalah sedikit alasan kenapa Anda harus menggunakan twitter. Intinya sebenarnya adalah, melihat apa yang dilakukan oleh sebagian besar orang yang saya tahu di facebook, sebenarnya aplikasi yang lebih cocok digunakan adalah twitter, bukan facebook. Karena facebook sebenarnya punya fungsi yang berbeda.
Bagaimana cara mulai menggunakan twitter dengan baik? panduan dasarnya bagaimana? Tips dan triknya? Insya Allah tentang ini akan saya tulis di posting lain tentang panduan bagaimana memanfaatkan twitter dengan baik. (update: panduan tentang bagaimana memulai menggunakan twitter)
Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah mulai ngetweet? Jika Anda menemukan posting ini menarik bagi Anda, silahkan follow saya!

0 komentar: